Terinspirasi dari pengalaman pribadi dalam mencari kerja, betapa terbantunya saya jika ada orang yang share mengenai test kerja dan rangkaiannya, maka dalam Viva Jobseeker ini saya ingin sekali share mengenai pengalaman melewati beberapa tes kerja. Sebenernya bisa dibilang cukup sangat telat, karena saat menulis inipun saya sudah kerja di sebuah perusahaan swasta. Pengalaman-pengalaman tes kerja ini saya lewati dari sekitar bulan Mei-Juli 2014. Semoga masih cukup baik mengingat kejadiannya.
Kali ini saya mau share salah satu pengalaman tes untuk
ikut Graduate Trainee Program di
PT HM Sampoerna Tbk. Sebenernya saya ga pengen daftar di salah satu perusahaan rokok
terbesar di Asia Tenggara ini, tapi suatu waktu saya dateng ke jobfair di FE UI dan disana
ada stand Sampoerna. Berhubung saya dateng bersama (mantan) pacar yang ga
kesampean ikut tes di Sampoerna karena keburu signing di tempat lain, jadilah saya
dipaksa untuk daftar. Sebagai freshgrad yang ga tau apa-apa, saya coba untuk
daftar juga.
1. Aptitude Test
April 2014, kurang dari sebulan setelah taruh CV,
saya dipanggil untuk ikut aptitude test di One Pacific Place Senayan. Testnya terdiri dari verbal dan numerik, dalam
bahasa Indonesia. Dalam test verbal, kita harus baca sebuah teks singkat yang
diksi/pilihan katanya kompleks. Kalau ga konsentrasi agak ribet sih ngertinya.
Tapi kalau kita fokus, sebenernya soalnya ga sulit-sulit banget.
Untuk test numeriknya buat saya sih susah. Banyak tabel data, bisa sampai 9x9 kayanya. Tapi soalnya masih bisa di nalar pake akal, bisa dikira-kira gitu. Sepertinya efek tidur cukup itu penting, karena saya ngerasa otak saya saat itu lagi lancar aja. Seminggu setelah Aptitude Test, saya dihubungi untuk lanjut interview HR, Alhamdulillah.
2. HR Interview
Satu minggu
setelah dihubungi, saya dateng lagi ke OPP untuk HR Interview. Di sana ada
beberapa orang yang lagi nunggu juga, mungkin sekitar 6 orang. Menurut saya ini HR Interview
paling niat yang pernah saya jalanin, karena malam sebelum interview saya
bikin catetan di kertas HVS, satu halaman mengenai Sampoerna dan semua
detailnya, satu halaman lagi tentang pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanya kalau
interview dan jawabannya.
Interview ini hampir sama dengan interview lainnya, santai aja tipenya. Saya ditanya detail mengenai diri, kenapa pilih function itu, kelebihan kekurangan, pengalaman2 yang based on CV banget sih. Di sini saya juga ditanya,
HR : “Kok ekspektasi gaji di form ga diisi?”
Saya: “Saya percaya sih Sampoerna sebagai
perusahaan besar bla..bla..”
HR : “Tapi saya mau angka, berapa?“
Saya: “Hmm.. Empat? Lima?“
HR : “Oke, saya infokan ya. Jadi untuk GTP ini,
basic salary kamu, ini baru basic ya belom transport dan lain-lain..”
Saya: “Iya..”
HR : “Ini juga belum termasuk tunjangan, baru
dasarnya aja ya.”
Saya: “Iya.. Berapa mas?“
HR : xxxxxxxxx
(pokoknya kurang setengah juta untuk jadi dua digit lah haha)
Saya: “Wow, banyak ya mas” sambil melongo. Banyak
juga ya buat freshgrad.
Dan ditutuplah interview hari itu dengan
semangat saya untuk masuk HMS semakin membara.
3. Assessment Day
10 harian setelah interview saya dikabari
lolos interview. Alhamdulillah. Kalau tahun-tahun sebelumnya, mereka
ada FGD, lalu yang lolos lanjut interview user di hari yang sama. Tapi tahun
ini, semua yang lolos interview HR akan mengikuti satu hari yang disebut Assessment Day dimana semuanya akan ikut
FGD dan speed date interview.
3.1 Focus Group Discussion
Jarak dari interview HR ke Assessment Day ini cukup lama,
sebulan seminggu kalau ga salah. FGD terdiri dari 6 orang peserta dan 3 assessor. FGD ini cukup ribet
dibandingkan FGD pada umumnya yang saya ikuti. Biasanya kita dikasih case,
baca sendiri, diskusi kelompok, presentasi. Kalau di sini, selain case mereka
menyediakan hampir 10 amplop tambahan yang harus kita pilih nanti, sebagai
data-data pendukung untuk menyelesaikan case kita.
Awalnya, kita diminta baca case sendiri-sendiri. Lalu diskusi kelompok untuk menentukan 3 amplop tambahan yang kita akan buka. Setelah itu, kita akan dikasih waktu untuk baca isi amplop tersebut. Setelah baca, kita diskusi lagi untuk memutuskan 3 amplop tambahan untuk dibuka. Nah, setelah itu dikasih waktu untuk baca lagi. Setelah membuka amplop-amplop itu, akhirnya kita akan diskusi kelompok untuk menyelesaikan case utamanya. Waktu untuk FGD ini relatif singkat, dengan case dan data sebanyak itu masih kurang mantap diskusinya.
3.2
Speed Date Interview
Setelah FGD kita antri untuk speed date interview. Di sebuah
ruangan, ada 9 interviewer dan 1 time runner. 9 interviewer dibagi jadi 3 tim yang
terdiri dari tiga orang, sebut aja tim Mawar, Melati, Anggrek. Nah untuk kita
yang diwawancara, kita akan dibagi apakah kelompok kita akan diwawancara oleh
tim mana, misalnya tim saya dapet tim Melati.
Di tim Melati ini ada 3 interviewer; A, B, dan C. Setiap orang di
kelompok kita akan dapet kartu petunjuk berisi urutan kita harus di interview
dimana. Jadi, setiap 15 menit kita akan pindah dari interviewer A ke B, atau B
ke C, atau A ke C, C ke A, C ke B, dan seterusnya. Pokoknya setiap peserta dapat
2 interviewer.
Dalam interview pertanyaan yang ditanya juga simple. Tapi ga mulai dari basic semacam perkenalan diri lagi. Mereka punya list pertanyaan spesifik masing2, misalnya di interviewer A ditanya tentang leadership, di interviewer B ditanya tentang kegagalan dalam hidup gitu. Oya, semua tahapan seleksi GTP ini full in english, kecuali aptitude test di awal.
Nah setelah tahapan itu selesai, kita boleh pulang dan nunggu
kabar di email. Sayangnya, saya
ga lulus. :( Huhu sedih berat waktu dapet
emailnya, karena saya kemarin full preparation banget setiap mau ngadepin
tahapan seleksinya. Dari 6 orang di tim Assessment Day saya, yang lulus ada 2
orang. Tapi itulah rencana Tuhan, saya dipersiapkan untuk yang lebih baik
ternyata, bukan disini :)
Kalau lulus Assessment Day, tahapan terakhir yang harus dilewati
adalah Business Case Presentation. Kalau dari penjelasan panitia dan baca-baca
di internet mengenai pengalaman orang-orang sebelumnya, di BCP ini kita akan
dikasih sebuah case (individual bukan kelompok). Lalu dikasih waktu sekitar 2 jam untuk persiapan dan bikin presentasi. Setelah itu, kita harus mempresentasikan di depan Board of Director dan jawab pertanyaan-pertanyaan
mereka.
Kalau udah lulus BCP, medical check up dan mulai kerja deh! :D Tapi denger-denger, sekarang BCP disatukan di Assessment Day, nah kurang ngerti deh.
Oya info tambahan, pas assessment saya sempet tanya mas HR nya, berapa orang kuota yang dicari. Mereka bilang total 60 orang; 20 buat marketing, 20 sales, 13 operation, 7 nya dibagi-bagi untuk supporting function seperti HR, finance, corporate communication dan lain-lain. Jadi per-supporting function akan diambil 1 sampai 2 orang. Kemarin saya daftar HR. Oya, sampai Assessment sih semua soal tes yang dijalanin masih sama biarpun function yang didaftarinnya beda. Sepertinya baru difokuskan di BCP deh, tapi kurang yakin juga sih.
Oya info tambahan, pas assessment saya sempet tanya mas HR nya, berapa orang kuota yang dicari. Mereka bilang total 60 orang; 20 buat marketing, 20 sales, 13 operation, 7 nya dibagi-bagi untuk supporting function seperti HR, finance, corporate communication dan lain-lain. Jadi per-supporting function akan diambil 1 sampai 2 orang. Kemarin saya daftar HR. Oya, sampai Assessment sih semua soal tes yang dijalanin masih sama biarpun function yang didaftarinnya beda. Sepertinya baru difokuskan di BCP deh, tapi kurang yakin juga sih.
Selesai deh untuk HMS. Good luck untuk yang mau test!
OOOh What a nice journey .. ! I am waiting for you to make a friend 7D0032CC
ReplyDeleteLowongan Kerja PT Inalum (Persero)
ReplyDeletePT. Indonesia Asahan Aluminium (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang peleburan aluminium dengan produk akhir berupa aluminium batangan.
PT Indonesia Asahan Alumunium – Inalum sedang membuka kesempatan berkarir bagi Warga Negara Indonesia dengan menduduki posisi sebagai :
1. Jenjang pendidikan Diploma dan Sarjana (S-1) dari berbagai jurusan :Teknik Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknik Kelistrikan, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Fisika, Kimia, Teknik/ Teknologi Informasi, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Administrasi, Ekonomi Keuangan, Ekonomi Akuntansi, Ilmu Pertanian, Ilmu Perkebunan, Ilmu Kehutanan, Pertanian, Hukum, Keguruan, Psikologi, Bisnis, Komunikasi, Sumberdaya Manusia, Serta Akademi Sekretaris.
2. IPK minimal 2,50
3. Memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat
4. Berwawasan luas & memiliki kemauan belajar tinggi
5. Mampu bekerja di bawah tekanan
6. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik & kemampuan interpersonal yang fleksibel
7. Bersedia ditempatkan di semua unit operasional
8. Memilih 3 (tiga) job position sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pangalaman kerja dari daftar vacancy
Jika Anda tertarik dan memenuhi persyaratan di atas, kirimkan aplikasi Anda, CV, dokumen pendukung terkait, dan foto,no HP terbaru, ke alamat : PT INALUM (PERSERO).atau alamat email : recruitinalum@gmail.com
Kalo training kerja di HMS itu brapa hari ya?
ReplyDelete